Para pahlawan menjamin sistem transportasi tetap berjalan

ud

Korps para mekanik menjaga kinerja truk agar tetap dapat berjalan setiap saat. Ini merupakan tugas yang menantang, namun kurangnya tenaga mekanik adalah kenyataan yang terjadi di Jepang dan di luar Jepang. Kompetisi internasional “UD Trucks Gemba Challenge” adalah salah satu cara untuk membuat profesi mekanik lebih menarik. “Kami mendapatkan lebih banyak calon peserta dan ini adalah salah satu alasannya,” kata Kouji Maruyama, SVP UD Japan Sales, Ageo

“UD Trucks Gemba Challenge” adalah acara yang sangat unik di antara produsen truk Jepang. Minggu pertama bulan November, Final Dunia diadakan di markas UD Trucks di Ageo, prefektur Saitama dengan tim yang berpartisipasi dari jaringan UD di seluruh dunia. Pemenang yang mendapatkan kebanggaan tahun ini adalah Tim Swire Synergy dari Hong Kong. Namun, hal ini bukan lah cerita tentang hasil dari kompetisi Gemba Challenge itu sendiri. Ini merupakan kisah, mengapa di setiap tahun kedua, UD Trucks mengadakan kompetisi pelayanan bagi para mekanik mereka dari seluruh dunia.. 

Transportasi adalah sumber kehidupan masyarakat
Transportasi adalah sumber kehidupan masyarakat. Setiap hari ribuan truk mengantarkan apa yang kita butuhkan untuk kehidupan sehari-hari kita. Dan setiap hari, ribuan mekanik di pusat layanan pelanggan truk menawarkan keterampilan dan layanan profesional mereka di tempat kerja untuk mendukung sistem transportasi ini. Dengan memikat, mengembangkan dan mempertahankan para mekanik berkualitas dan termotivasi, sektor industri dapat memenuhi harapannya melalui pengiriman tepat waktu, baik dari lembaga serta masyarakat luas.

“Pada dasarnya setiap barang di sekitar kita telah diangkut oleh truk, setidaknya sekali. Para mekanik memainkan peran penting untuk membuat masyarakatnya bekerja,” kata SVP Pierre Jean Verge Salamon, Ageo dan SVP Jacques Michel, Singapura, yang bertanggung jawab atas penjualan UD Trucks di luar Jepang..  

“Tema kompetisi tahun ini adalah “Merayakan Pahlawan Kami”, untuk memotivasi rekan-rekan kerja kami dan pekerjaan penting mereka”..

Kekurangan tenaga mekanik…
Kurangnya tenaga mekanik semakin bertambah di Jepang dan negara-negara lainnya. Di Jepang sendiri, lebih dari 50% dari sekitar 100,000 bengkel perawatan kendaraan *1 mengalami kekurangan semacam itu. Total ada sekitar 400,000 mekanik bersertifikat *2, dan karena rata-rata usianya adalah 44 tahun, *2 penting untuk mendorong kaum muda mendaftar ke sekolah mekanik.

Situasi yang sama terjadi di Indonesia, Australia, Afrika Selatan, Singapura dan pasar UD lainnya di seluruh dunia..

… ditangani oleh UD Gemba Challenge
Melalui penerapan dan berbagi kisah dari Gemba Challenge, UD Trucks berkontribusi pada peningkatan kesadaran dan minat dari profesi mekanik di dalam masyarakat. “Kami menyampaikan kisah Gemba Challenge secara luas secara eksternal, tidak hanya membahas kebutuhan kami, tetapi juga kekurangan mekanik untuk industri dan masyarakat pada umumnya. Ini merupakan tanggung jawab bersama bagi semua pemangku kepentingan untuk memecahkan masalah ini,” kata Pierre Jean Verge Salamon dan Jacques Michel.

Program Magang Teknik untuk mekanik dari luar Jepang
Program magang dari UD bagi para mekanik dari luar Jepang adalah kegiatan lain untuk mengembangkan profesi mekanik. Program ini memberikan pelatihan kepada para siswa dengan fondasi teknis yang kuat juga pemaparan teknologi baru yang belum diperkenalkan di negara asal mereka.

Mereka akan tinggal di fasilitas UD Trucks Jepang selama 3-5 tahun dan setelah magang dapat kembali ke negaranya dengan seperangkat keterampilan yang sangat dibutuhkan yang memungkinkan mereka untuk mengakses peluang karir yang lebih baik.

“UD Trucks di Jepang akan mendapat keuntungan dari memiliki tenaga kerja yang beragam yang dapat menghasilkan ide-ide baru dan mendorong lingkungan kerja yang menyenangkan dan inklusif,” kata Kouji Maruyama.

UD juga memiliki program sertifikasi Mekanik untuk mekanik yang ada dan program pelatihan Lulusan Baru.

Tahun ini diadakan khusus Junior Gemba Challenge untuk pertama kalinya. Sepuluh tim dari sekolah kejuruan di Jepang diundang untuk mengamati putaran final global, dan juga untuk bersaing satu sama lain di pusat pelatihan baru di Ageo.

UD Gemba Challenge adalah tentang kerja tim
Gemba Challenge menempatkan mekanik ke dalam timnya dengan cara yang realistis. Kompetisi pasar pelayanan global ini diperuntukkan bagi tim mekanik, perwakilan bagian suku cadang dan perwakilan layanan pelanggan. Mereka diberikan kasus nyata untuk dipecahkan - misalnya menggeser injektor bahan bakar dari mesin - dan cara penyelesaian masalah dari A sampai Z dievaluasi dan dinilai.

Kompetisi ini berkembang dari tahun ke tahun, dan tahun ini 347 tim dari Jepang, Afrika Selatan, Hong Kong, Taiwan, Thailand, Indonesia, Malaysia, Timur Tengah, dan Afrika Selatan mengikuti kompetisi yang melibatkan sekitar 1300 orang. Dua belas tim berhasil masuk ke babak final.




 

1

Suasana selama kompetisi

1

Lokasi kompetisi

UD Trucks saat ini sedang merekrut mekanik
UD Trucks sedang memperluas bisnis pelayanan pasarnya dan saat ini merekrut mekanik di Jepang dan luar negeri.
*1 Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, Statistik di bengkel kendaraan
*2 Asosiasi Promosi Servis Mobil Jepang 2016 melakukan riset pada industri perawatan kendaraan

Untuk pertanyaan media, silakan menghubungi:
Info.udtrucks.japan@udtrucks.co.jp

UD Trucks adalah penyedia solusi kendaraan komersial terkemuka di Jepang, yang aktif di lebih dari 60 negara di seluruh benua. Sejak didirikan pada 1935, perusahaan telah menjadi pemimpin inovasi dengan visi yang jelas untuk menyediakan truk dan pelayanan yang dibutuhkan dunia saat ini. Perusahaan berkomitmen untuk bekerja ekstra keras untuk bisnis logistik yang cerdas dengan solusi yang dapat diandalkan untuk memenuhi tuntutan pelanggan. Untuk dukungan terbaik di seluruh aplikasi dan geografi, UD Trucks menawarkan beragam pilihan truk heavy duty - Quon dan Quester, truk medium duty - Condor dan Croner, dan truk light duty - Kazet dan Kuzer, serta layanan operasional dan pembiayaan terkait.

UD Trucks adalah bagian dari Volvo Group, yang pada 2017 memiliki penjualan bersih 335 BSEK dan 100,000 karyawan secara global.
Bagikan halaman ini